Makalah Pengujian Bahasa (Language Testing) - Bahasa Inggris


LANGUAGE TESTING
(PENGUJIAN BAHASA)

Lecturer : M. Ridho Kholid, S.S, M.Pd



By : Group 1
-          Dahlia Kusuma Ningtyas  (1711040195)
-          Inayah Rohma Oktavia     (1711040219)
-          Isga Veranika                    (17110402)
-          Shakila Visca Dewi           (1711020)
-          Yunita Audina Fabru        (1711040267)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN RADEN INTAN LAMPUNG
2019/2020






BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang Masalah
Pendidikan adalah suatu keharusan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. setiap orang pasti telah berusaha mendapatkan pendidikan yang baik di lembaga formal dan non-formal. keberhasilan atau kegagalan suatu sekolah sering diukur dengan hasil penilaian pada akhir proses pembelajaran, meskipun itu bukan satu-satunya alat penentu pendidikan, tetapi masih digunakan dalam dunia pendidikan. Dalam pendidikan ada berbagai disiplin ilmu, termasuk pelajaran yang dipetik. pelajaran meliputi empat keterampilan yaitu mendengarkan, berbicara, menulis dan membaca. semua itu juga harus diuji untuk menentukan kemampuan yang sudah didapat selama studi melalui ujian atau ujian. Keterampilan bahasa seseorang dapat diuji dengan tes yang disebut tes bahasa atau bahasa, pengujian sumur atau penilaian bahasa atau bahasa.
Pertanyaan tentang tes yang akan diuji dapat diajukan oleh guru sendiri atau orang lain. tidak semua guru mengerti tentang penciptaan yang baik, kualitas yang dibuat atau hal-hal yang perlu diuji. banyak yang tidak tahu cara menguji kualitas pertanyaan yang diuji atau akan diuji. itu juga tidak bebas dari ketidaktahuan mereka tentang apa itu tes bahasa atau tes bahasa. pengujian bahasa perlu diketahui karena akan memberikan dasar untuk pengujian bahasa.
Pengujian bahasa adalah praktik dan studi Mengevaluasi kecakapan seseorang dalam menggunakan bahasa tertentu secara Efektif. evaluasi ini untuk mengukur apakah siswa dapat menggunakan bahasa yang telah mereka pelajari dengan lancar baik dalam berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca. Ini juga digunakan sebagai ukuran apakah siswa dapat menerima pelajaran atau materi yang disampaikan oleh guru dengan baik.
Namun, ada beberapa masalah yang dimiliki oleh para guru bahasa Inggris dalam menguji prestasi belajar bahasa Inggris para siswa. Salah satu masalah adalah bagaimana menentukan dan memilih teknik pengujian yang tepat berdasarkan keterampilan apa dan aspek apa yang harus diukur. Beberapa guru masih bingung tentang teknik apa yang harus diterapkan di kelas mereka. Beberapa guru hanya menggunakan teknik monoton atau bahkan tunggal. Selain itu, teknik pengujian yang biasa digunakan sekarang memberi siswa kesempatan untuk menipu dan menebak dengan mudah, atau bahkan bertaruh. Masalah seperti itu perlu perencanaan yang matang dalam hal solusi alternatif. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penting untuk memiliki semacam alat untuk mengukur penguasaan bahasa siswa dalam pendidikan. Untuk sampai pada solusi terbaik untuk situasi tertentu - pengujian atau sistem pengujian yang paling tepat - tidaklah cukup untuk memiliki koleksi teknik pengujian yang dapat dipilih. Penting untuk memahami bagaimana mereka dapat diterapkan.

B. Rumusan masalah
  1. Bagaimana sejarah pengujian bahasa?
  2. Apa pengertian pengujian bahasa?
  3. Apa yang dimaksud objektifitas dan Ekspektasi?
  4. Apa yang dimaksud penilaian subjektifitas dan penilaian objektifitas?


C. Tujuan Masalah

  1. Untuk mengetahui bagaimana sejarah pengujian bahasa
  2. Untuk mengetahui definisi pengujian bahasa
  3. Untuk mengetahui tentang objektifitas dan ekspektasi
  4. Untuk mengetahui penilaian subjektiftas vs penilaian objektiftas






 BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejaran Pengujian Bahasa
Pengajaran bahasa yang terjadi saat ini mencerminkan minat dalam pengajaran komunikasi, tetapi mencerminkan keprihatinan pada tes ilmiah sebelumnya. Pengujian selama beberapa abad terakhir dan satu decade awal pada dasarnya intuitif atau subjektif dan bergantung kesan pribadi guru setelah tahap intuitif, pengujian memasuki tahap ilmiah, dimana spesialis bahasa lebih menekankan pada evaluasi objektif. Saat ini kita berada pada tahap komunikatif, masa ketika kita menekankan evaluasi penggunaan bahasa dari pada bahasa.

Selama era intuitif, guru yang tidak terlatih dalam pengujian, mengevaluasi siswa yang dengan berbagai cara. Faktanya, bahasa Inggris sering dianggap sebagai keterampilan menggunakan bahasa. Akibatnya siswa harus menandai baigan-bagian kalimat dan menghafal pola bahasanya. Karakteristik lain dari tes yang subjektif ini adalah menulis tulisan yang banyak dalam berbagai bentuk termasuk terjemahan, essay, dikte, precis, dan jawaban terbuka berdasarkan pemahaman pembaca (logika). Beberapa evaluasi diatas sudah tidak asing lagi terutama bagi siswa tingkat lanjut. Pengetahuan gramatikal mereka biasanya bergantung pada kalimat berikut “Tulis ulang kalimat-kalimat berikut kemudian mengganti kata kerjanya menjadi lebih sempurna selama era ilmiah banyak perubahan terjadi. Secara linguistic penguasaan bahasa dapat dievaluasi secara ilmiah sedikit demi sedikit. Tes objektif dirancang untuk mengukur kinerja seseorang, pengenalan suara (pronunciation), tata bahasa, dan kosa kata.
 
B. Definisi Pengujian Bahasa
Pengujian bahasa menjadi hal yang penting pada setiap tahap kehidupan manusia serta dalam pembelajaran bahasa. Mc Namara Razi (2005:1) mengungkapkan bahwa ada beberapa alasan untuk melakukan tes bahasa, yang memiliki peranan kuat dalam kemampuan social individu dal kehidupan kerja. “aktivitas mengembangkan dan menggunakan tes bahasa merupakan sebuah aktivitas psikometri, penggujian/tes bahasa secara tradisional lebih menekankan pada produksi, pengembangan dan analisis tes”. Baru-baru ini kritik dan pendekatan etis terhadap pengujian bahasa lebih menekankan pada penggunaan tes bahasa. Tujuan sebuah teks bahasa ialah untuk menentukan pengetahuan seseorang/kemampuan dalam bahasa dan untuk membedakan kemampuan seseorang dengan yang lainnya. Seperti kemampuan dari berbagai jenis prestasi, bakat. Tes tidak seperti timbangan, karna tes terdiri dari tugas-tugas sehingga dapat kita tentukan kemampuan bahasa seseorang dengan istilah pengujian atau penilaian bahasa. 

Guru bahasa selalu berhubungan dengan tes bahasa karena mereka perlu mengevaluasi siswanya yang belajar bahasa, pengujian adalah hal penting untuk mengetahui dimana siswa memiliki kesulitan dalam pembelajaran bahasa. Untuk mengeksplorasi kemajuan siswa atau untuk merefleksikan seberapa baik atau mampu siswa belajar mata pelajaran tertentu serta memberikan gambaran umum tentang kemampuan kemahiran siswa dalam mencapai bahasa target. Hal itu berarti bahwa sebuah tes/pengujian dapat menjadi alat untuk mengukur seberapa sukses pengajaran bahasa yang diadakan.

Subjektif dan objektif adalah istilah yang biasanya merujuk pada tes penilaian. Perbedaan menonjol antara keduanya dapat kita lihat dari perbedaan tipe tesnya, yakni menerjemahkan dan pilihan ganda. Perbedaan ini menyebabkan kesalah pahaman yang kesalah pahaman itu berasal dari faktta bahwa objektifitas atau subjektifitas mengacu pada cara penilaian kemudian diberi skor dan memiliki hubungan atau tidak dengan bentuk teksnya. Hal itu akan menjadi kesalah pahaman bahwa semua teks yang berbentuk essay/terjemahan bersikap subjektif dan semua tipe tes pilihan ganda adalah objektif. Namun, bentuk tes atau bagaimana teks itu dibuat tidak memperhitungkan subjektifitas atau objektifitas.
 
C. Objektifitas dan Ekspektasi
 
a. Beberapa kesalah pahaman tentang pengujian bahasa
Mungkin penggunaan tes bahasa dan tes pendidikan yang paling umum pada umumnya, adalah untuk menunjukkan kekuatan dan kelemahan dalam kemampuan belajar siswa. Kita dapat menemukan melalui pengujian bahwa siswa yang diberikan memiliki pelafalan yang sangat baik dan kelancaran produksi lisan dalam bahasa yang menarik, tetapi siswa memiliki pemahaman membaca yang rendah. Selain itu, sering ada kepercayaan bahwa 'penguji bahasa' memiliki beberapa prosedur dan formula untuk membuat tes 'terbaik'. Kesalahpahaman ini dan harapan yang tidak realistis, dan mistik yang terkait dengan tes bahasa, merupakan hambatan afektif bagi banyak orang yang ingin dan perlu dapat menggunakan tes bahasa dalam pekerjaan profesional mereka. Menghancurkan penghalang afektif dengan menghilangkan kesalahpahaman, membantu pembaca mengembangkan rasa tentang apa yang bisa diharapkan dari tes bahasa, pengujian bahasa dengan demikian merupakan bagian penting dari bagian ini.

b. Dasar konseptual pengembangan tes
Bahasa dan Sastra. Di sisi lain, kami telah mengenal bahasa Inggris sebagai bahasa kedua / asing, dan pemahaman yang cukup tentang apa yang kemudian dikenal, dalam hal teori atau penelitian, pengajaran bahasa kedua / asing. Selain itu, kami memiliki keprihatinan yang sama: untuk mengembangkan tes 'terbaik' untuk situasi kami. Kami percaya bahwa ada tes bahasa model dan satu set prosedur sederhana resep yang bisa kami ikuti untuk membuat tes yang akan menjadi yang terbaik untuk tujuan dan situasi kita.
 
Dalam mengembangkan tes, kami percaya bahwa jika kami mengikuti model tes yang dikenal luas dan menggunakannya, secara otomatis akan berguna untuk kebutuhan khusus kami. Kemampuan bahasa dipandang sebagai seperangkat komponen 'terbatas' - tata bahasa, kosa kata, pelafalan, ejaan - yang kami wujudkan sebagai empat ketrampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Jika kami berpikir atau menguji ini, kami mengajar atau menguji semua yang diperlukan. Pembelajar bahasa dipandang sebagai organisme yang semuanya belajar bahasa pada dasarnya adalah proses-rangsangan dan respons yang sama seperti yang dijelaskan oleh psikologi behavioris. Akhirnya, diasumsikan bahwa proses yang terlibat dalam pembelajaran bahasa kurang lebih sama untuk semua peserta didik, untuk semua situasi, dan untuk semua tujuan. Maka, tidak mengherankan bahwa kami percaya bahwa satu model akan menyediakan tes taruhan untuk peserta tes khusus kami, untuk penggunaan khusus kami, dan untuk bidang kemampuan bahasa yang sesuai dengan situasi khusus kami.
 
Ternyata, dua kelompok peserta tes yang kami kembangkan pada dasarnya jenis tes bahasa yang sama sangat berbeda. Satu kelompok terdiri dari mahasiswa tahun pertama yang memasuki sebuah universitas di mana sangat sedikit pekerjaan akademik mereka akan melibatkan penggunaan bahasa Inggris. Kebanyakan dari mereka akan diminta untuk mengambil setidaknya satu kursus bahasa Inggris sebagai bagian dari persyaratan gelar mereka. Meskipun semua siswa memiliki beberapa eksposur ke bahasa Inggris dalam pendidikan sekolah menengah mereka, sebagian besar memiliki sangat sedikit kontrol bahasa, dan hampir tidak satupun dari mereka memiliki eksposur ke luar bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) di kelas. Hanya sedikit yang pernah berbicara bahasa Inggris dengan penutur asli atau memiliki kesempatan untuk menggunakan bahasa Inggris tujuan satu instruksi saja.
 
Kelompok lain terdiri dari seorang guru universitas, banyak dari mereka cukup senior, dari berbagai universitas dan mewakili disiplin akademis yang luas, yang telah dipilih sebagai penerima beasiswa untuk melanjutkan pekerjaan pada tingkat lanjut di negara-negara di mana bahasa Inggris merupakan konstruksi menengah. . Mereka jauh lebih terspesialisasi dalam pengetahuan mereka tentang disiplin mereka daripada mahasiswa tahun pertama, jauh lebih tua, rata-rata, dan lebih berpengalaman.Program di mana peserta tes ini akan berbeda. Program di mana mahasiswa akan ditempatkan terdiri dari empat tingkat non-intensif lima empat per minggu) pengantar Bahasa Inggris selama iklan pertama mereka kedua dari pekerjaan universitas.

Para guru Universitas, di sisi lain akan ditempatkan ke dalam kursus sepuluh minggu intensif (40 jam per minggu) di lembaga bahasa Inggris nasional di mana mereka akan diminta untuk berbicara mencatat tetapi bahasa Inggris antara jam sekitar delapan hingga lima setiap hari kerja.Contoh ini menggambarkan kesalahpahaman paling umum yang kami temukan di antara mereka yang meminta saran tentang kebutuhan pengujian khusus mereka. Dalam pengalaman kami, banyak orang percaya, seperti yang kami lakukan, bahwa ada ideal tentang apa tes bahasa 'baik' itu, dan ingin tahu bagaimana membuat tes pada model ideal ini untuk kebutuhan pengujian mereka sendiri. Jawaban kami adalah bahwa tidak ada yang namanya tes 'baik' atau 'buruk' dalam abstrak, dan tidak ada yang namanya tes 'terbaik', bahkan dalam situasi tertentu. Untuk memahami mengapa demikian, kita harus mempertimbangkan beberapa masalah yang timbul dari kesalahpahaman.

Dalam contoh di atas, tes yang dikembangkan untuk mahasiswa mungkin cocok untuk kelompok ini (guru Universitas), Dalam hal kemampuan bahasa daerah yang diukur (tata bahasa, kosakata dan pemahaman membaca), dan konten topikal, karena ini cukup umum dan tidak spesifik untuk disiplin tertentu. Namun, tes yang dikembangkan untuk para guru di Universitas mungkin tidak cocok untuk kelompok ini, karena tidak termasuk materi yang berkaitan dengan para guru yang berbeda dalam disiplin ilmu atau berbeda dengan bidang ESP yang dicakup dalam kursus intensif. Tes ini juga memiliki kesesuaian terbatas karena tidak termasuk penilaian kemampuan siswa untuk melakukan tugas menyimak dan berbicara, yang sangat ditekankan dalam program intensif.
Kesalah pahaman:
1. Percaya bahwa ada satu tes 'terbaik' untuk situasi apa pun.
2. Kesalahpahaman tentang sifat pengujian bahasa dan pengembangan bahasa.
3. Memiliki harapan yang tidak masuk akal tentang apa yang dapat dilakukan tes bahasa dan apa yang seharusnya.
4.Menempatkan buta iman pengukuran teknologi.
Masalah yang timbu akibat kesalah pahamanl:
  1. Tes yang tidak pantas untuk peserta tes
  2. Tes yang tidak memenuhi kebutuhan spesifik pengguna uji.
  3. Penggunaan pengujian atau metode pengujian yang tidak diinformasikan hanya karena telah menjadi populer.
  4. Menjadi frustrasi ketika seseorang tidak dapat menemukan atau mengembangkan tes sempurna.
Kehilangan kepercayaan pada kapasitas diri sendiri untuk mengembangkan dan menggunakan tes secara tepat, serta merasa bahwa pengujian bahasa adalah sesuatu yang hanya bisa dipahami oleh 'ahli'.
Ditempatkan dalam situasi berusaha membela yang tidak dapat dipertahankan, karena banyak siswa, dan juga administrator, memiliki harapan yang tidak masuk akal.
Masalah yang digambarkan oleh contoh di atas, yang kami temukan sangat umum di antara individu yang ingin dapat menggunakan tes bahasa tetapi merasa bahwa mereka tidak memiliki pengetahuan atau kompetensi untuk melakukannya.
c.                   Mengapa penting untuk menjadi kompeten dalam pengujian bahasa
Kami percaya dalam pengujian bahasa akan membantu pembaca untuk menghindari beberapa kesalahpahaman yang dijelaskan di atas dan untuk mengembangkan serangkaian harapan yang masuk akal untuk setiap tes bahasa tertentu yang mungkin perlu mereka gunakan. Selain itu, ini akan memberikan rasa percaya diri dalam pengetahuan dan keterampilan seseorang dalam upaya ini.
Tes bahasa dapat menjadi alat yang berharga untuk memberikan informasi yang relevan dengan beberapa masalah dalam pengajaran bahasa. Mereka dapat memberikan bukti dari hasil pembelajaran dan pengajaran, dan karenanya umpan balik tentang efektivitas program pengajaran itu sendiri. Mereka juga dapat memberikan yang relevan dengan pengambilan keputusan tentang individu, seperti menentukan jenis materi dan kegiatan pembelajaran spesifik apa yang harus diberikan kepada siswa, berdasarkan pada diagnosis kekuatan dan kelemahan mereka, memutuskan apakah individu atau seluruh kelas siap untuk melanjutkan ke intruksi unit lain, dan menugaskan nilai berdasarkan prestasi siswa.
Akhirnya, pengujian juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengklarifikasi tujuan pengajaran dan, dalam beberapa kasus, beberapa untuk mengevaluasi relevansi tujuan-tujuan ini dan bahan pengajaran dan kegiatan berdasarkan pada mereka dengan kebutuhan penggunaan bahasa kepada siswa mengikuti program pengajaran. Karena alasan ini, hampir semua program pengajaran bahasa melibatkan beberapa pengujian, dan karenanya guru bahasa harus dapat membuat penilaian berdasarkan informasi dalam memilih tes bahasa yang tepat atau untuk merencanakan, membangun, dan mengembangkan yang sesuai dengan kemampuan mereka sendiri.

D.             Penilaian subjektif VS Penilaian Objektif
Istilah yang mengacu pada penilaian tes. Semua hal yang berhubungan dengan tes, tidak peduli bagaimana mereka dirancang, dan hal itu membutuhkan kandidat untuk melakukan penilaian subjektif. Dalam tes essay, misalnya seorang yang melakukan penilaian subjektif harus memikirikan apa yag harus dikatakan dan mengekspresikan ide-ide mereka sebaik mungkin, sedangkan dalam tes pilihan ganda mereka harus mempertimbangkan secara hati-hati semua alternative tes dan memilih 1 yang terbaik. Selanjutnya semua disusun secara sujektif oleh penguji yahg memutuskan bagian bahasa mana yang kaan di tes, bagaiana menguji bagian-bagian bahasa tertentu dan media apa yang akan digunakan dalam melakukan tes ini. Karena tes objektif biasanya hanya memiliki 1 jawaban yag benar, mereka bis adiilai secara tersusun. Faktanya, bahwa tes objektif dapat ditandai dengan penggunaan computer, hal ini adalah salah satu alasan penting penguji untuk mendapatkan hasil yang jelas dan mereka bisa bertanggung jawab untuk menguji dalam jumlah yang besar.
Tes objektif membutuhkan persiapan yang lebih hati-hati daripada subjektif. Penguji cenderung menghabiskan waktu yang relative singkat dalam menilai. Dalam uju objektif para penguji menghabiskan banyak waktu untuk menyusun setiap bentuk tes dengan hati-hati, mereka juga berusaha mengantisipasi berbagai reaksi peserta tes pada setiap tahapnya. Upaya ini dihargai begitu juga dalam hal penilaian (objektif) uji objektif sering di kritik karena lebih mudah di jawab dibandingkan subjektif. Kesulitan yang biasa ditemui dalam tes objektif tergantung pada keiginan penguji nya. Bahwa ha yang berhubungan dengan tes objektif terlihat mudah bukan berarti tes ini mudah.
Kritik lain juga mengungkapkan bahwa tes objektif yaitu tipe pilihan ganda mendorong peserta tes untuk menebak-nebak jawaban. Bagaimanapun kemungkinan dari menebak jawaban apat dikurangi dengan menetapkan 4 atau 5 alternatif jawaban disetiap tes. Contoh tata bahasa (grammar), kosa kata, phonology, yang banyak ditemui dites objektif daripada di subjektif. Hal ini diyakini bahwa uji objektif tidak bisa menguji kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan penggunaan bahasa yang tepat.
Anda harus ingat bahwa ada saat dimana uji subjektof yang baik kosa kata dan phonology mungkin berguna khususnya didalam perkembnagan kemajuan suatu kelas apda level tertentu.
Tes objektif itu sendiri tidak memberikan jaminan bahwa hasilnya dapat dipercaya dan terdengar tidak dapat ditekankan. Tes objektif akan menjadi tes terburuk jika:
-          Soal-sola tes ditulis dengan buruk
-          Bidang yang tidak relevan denganketerampilan yang hanya ditekankan pada hal yang bisa diuji. (asal tes)
Hal ini terbatas pada penggunaan dasar bahasa dan mengabaikan keterlibatan keterampilan komunikatif, seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, tes objektif bukan untuk mengisi kemampuan komunikasi dalam mencapai bahasa target/mengevaluasi kinerja nyata, namun hal ini berguna pada tahap untuk mempertimbangkan item-item pilihan ganda dalam beberapa detail karena mereka dilakukan lagi sebagai salah satu jenis item yanhg paling banyak digunakan tes objektif. Berikut beberpa item yang termasuk dalam objek:
1.      Benar/salah
2.      Menyocokan
3.      Pilihan ganda
4.      Jawaban singkat
Disebut objektif karena sangat spesifik dan telah ditentukan jawaban nya. Objektif juga dirasa memiliki kunci jawaban yang sama, misal 10 orang yang berbeda bisa mendapatkan jawaban yang sama.






BAB III
Kesimpulan
 Pengujian Bahasa adalah praktik dan studi mengevaluasi kemahiran seseorang dalam menggunakan bahasa tertentu secara efektif. Tujuan pengujian bahasa untuk mengetahui di mana siswa mengalami kesulitan dalam kursus bahasa, untuk mengeksplorasi kemajuan atau untuk mencerminkan seberapa baik siswa dalam mempelajari subjek tertentu (prestasi siswa), dan untuk memberikan gambaran umum tentang kemahiran siswa dalam bahasa target.

Dalam mengembangkan tes, Ada beberapa kesalahpahaman dalam pengujian bahasa Percaya bahwa ada satu tes terbaik untuk situasi apa pun, kesalahpahaman tentang sifat pengujian bahasa dan pengembangan bahasa, hal ini dapat memicu adanya harapan yang tidak masuk akal tentang apa yang dapat dilakukan tes bahasa dan apa yang seharusnya dilakukan.

Komponen penting yang menjadi bagian dalam pengujian bahasa juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengklarifikasi tujuan pengajaran dan dalam beberapa kasus, beberapa untuk mengevaluasi relevansi tujuan ini dan untuk bahan pengajaran serta kegiatan berdasarkan kebutuhan penggunaan bahasa kepada siswa yang mengikuti program pengajaran.





 
DAFTAR PUSTAKA

Bachman, F. L., & Palmer, S. A. (1996). Language Testing in Practice. New York: Oxford UniversityPress.
Grant, H. (2001). A Guide to Language Testing. Foreign Language Testing and Research Press.
McNamara, & Carsten, R. (2005). Language Testing. Hawaii: Hawaii University.
www.languagetesting.info/whatis/it.html

Posting Komentar untuk " Makalah Pengujian Bahasa (Language Testing) - Bahasa Inggris "